PEMASARAN BUKU

 

Resume Ke             : 10
Hari/ Tanggal          : Senin, 02 Agustus 2021
Tema                       : Pemasaran Buku
Narasumber            : Bapak Agus Subardana
Moderator                : Aam Nurhasanah, S.Pd




"Tidak akan berubah nasib suatu kaum, kecuali Ia sendiri yang merubahnya."


       Malam walau kelabu dan sendu bukan berarti tak menentu, tetap dipenuhi oleh Bulan yang merindu. apalagi ditambah dengan gapaian Ilmu yang bermutu dipandu oleh Ibu yang seru, Aam Nurhasanah berduet dengan Bapak Agus Subardana sang Direktur  Penerbit Buku.

       Pertemuan ke- 10 dengan Tema Pemasaran Buku oleh Narasumber kita yang telah berkecimpung di dunia Penerbitan Buku tepatnya di Penerbit Andi Yogyakarta selama 17 Tahun, mendapat Gelar S1 dan  S2 dibidang  Manajemen Pemasaran tentu semakin menunjang Profesi Beliau. Maka dari itu Ia sering menjadi Moderator di berbagai event webinar.

Mengawali Materi dengan memberikan penjelasan mengenai Essential atau pentingnya sebuah Buku.

Berikut kutipan Perkataan Beliau "Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku."

Hal ini sejalan dengan pemikiran saya, Buku merupakan salah satu bentuk nyata dari sebuah Ilmu, walau Dunia sudah bertransformasi dengan kedigitalannya dan segala bentuk ornamen teknologi yang melekat padanya. Buku tetap dibutuhkan untuk menjangkau daerah- daerah yang tidak tak terjamah oleh hal tersebut.

Sebagai seorang Penulis melihat karya kita nyata dalam bentuk sebuah Buku tentu menjadi angin segar yang berhembus di tengah kegersangan yang melanda, setidaknya mampu menghilang peluh yang ada. walau kita tetap butuh air sebagai penghilang dahaga yaitu literasi dalam bentuk digital yang mudah diakses kapan saja.


Melihat Grafik diatas, terjadi Penurunan yang signifikan terhadap penjualan Buku dalam masa Pandemi Covid 19 ini, tentunya banyak hal yang menjadi kendala. Minimnya sentuhan fisik menjadikan alasan Fundamental menurunnya jumlah pengunjung di Toko Buku. Untuk itu dibutuhkan berbagai Upaya dan strategi mempertahankan penjualan Buku Masa ini. Salah satunya adalah yang dilakukan Penerbit Andi dibawah ini.


Oleh sebab itu,  Penerbit ANDI dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 kategori mampu bertahan ditengah hantaman badai penurunan penjualan Buku yang melanda banyak penerbit yang menyebabkan banyak yang Gulung Tikar. 

Penerbit Andi menjalankan Strategi Pemasaran buku yang telah mereka petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro.

lebih lanjut dijelaskan selain melakukan sistem Pemasaran secara Online jangan lupa juga melancarkan serangan secara Offline dengan menempatkan Tenaga pemasaran di 87 cabang yang tersebar dari sabang sampai merauke.

pada Closing statement beliau juga memberikan daftar ranking buku yang laku di toko Gramedia. Berikut Daftarnya.



Novel masih mendapat peringkat pertama, hal ini tentu kembali memberikan saya motivasi malam ini, karena berbagai hal Naskah novel saya sempat tertunda, dengan letupan semangat malam ini. saya berharap dapat kembali membakar semangat dan gairah kepenulisan saya.
Demikian Resume saya malam ini. Terima kasih untuk setiap Ilmu yang bapak berikan malam ini. 
 
" Tiada yang Lebih indah  dari sebuah ilmu kecuali engkau membaginya dengan yang lain, sehingga Ia dapat menjadi kekal dan beguna bagi sesama."


Komentar

  1. Keren, Selalu dengan Opening dan Closing bak novel best seller, sukaaa

    BalasHapus
  2. kalimat pembuka yang mengugah selera..

    BalasHapus
  3. This brief provides a view for book publishers to continue to strive to publish books that are worthy of publication and reading for the general public.

    Of course, the writing activists remain eager to find inspiration so that the writing talents still flow as deep as a waterfall in the middle of the forest of mount salak that continues to flow in search of the final estuary, to be enjoyed by climbers.

    BalasHapus
  4. Ayat pembuka yg langsung mncerahkan..

    BalasHapus
  5. Rapi, runtut dan enak di baca..enak jeng Winda..👍👍

    BalasHapus
  6. Kata pembuka ala fiksi dan uraian naik turun nada tulisan yang berirama ..menunjukan. Bu Winda terbiasa bermain kata ,...sedap dibaca ...

    BalasHapus
  7. Bu Winda pintar mengolah kata, selalu enak membaca resumenya 👍👍

    BalasHapus
  8. Ayo bu.. jangan kasih kendor. Tetap Semangat. Semoga inspirasi terus mengalir

    BalasHapus
  9. Suka banget ma openingnya....kereeen mbak👍👍

    BalasHapus
  10. Kita ingin jadi penulis. Itu perubahan. Setuju kudu ubah kebiasaan. Dulu TDK mulus tiap hari. Kini wajib nulis tiap hari

    BalasHapus
  11. Penulis dusun yang berkelas, resumenya berisi

    BalasHapus
  12. Buku merupakan salah satu bentuk nyata dari sebuah Ilmu, walau Dunia sudah bertransformasi dengan kedigitalannya dan segala bentuk ornamen teknologi yang melekat padanya.

    Semoga akan terus konsisten ya Mom

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelengkapan Naskah

MENULIS BUKU MAYOR DALAM SEMINGGU

MENJADI PENULIS BUKU MAYOR