MENJADI PENULIS BUKU MAYOR


Resume ke        : 12

Hari/ Tanggal    : Jum'at, 6 Agustus 2021

Tema                 : Menjadi Penulis Buku Mayor

Narasumber      : Joko Irawan Mumpuni

Moderator        : Mr. Bams





"Nama mengandung Do'a, Bayangkan do'a tersebut dibaca orang banyak melalui Buku yang bertuliskan nama kita, maka MENULISLAH dan jadikan Ia Nyata."

Pertemuan ke 12 dalam WAG  Belajar menulis gelombang 20 mengusung tema " Menjadi Penulis Buku Mayor" dikemas dan disajikan secara apik oleh Narasumber berpengalaman dan Profesional. menilik namanya saja dapat membuat kita merasakan gelombang kepiawaian beliau. 

Joko Irawan Mumpuni, Nama yang diberikan orang tua beliau benar- benar membawa beliau sampai ke tingkat kesuksesan yang tinggi, MUMPUNI dapat diartikan mampu, bisa dan Profesional. dan ini terbukti kepiawaian beliau dapat kita rasakan malam ini.

Berikut Biodata diri Beliau:

Pemaparan Beliau malam ini akan saya rangkum guna menguak serta menjawab rasa penasaran kita mengenai Menjadi Penulis Buku Mayor. Resume saya malam ini akan disajikan dalam bentuk menjawab pertanyaan- pertanyaan yang muncul.


1. APA SAJA JENIS BUKU YANG BEREDAR DIPASARAN?


Buku yang beredar dipasar memiliki banyak ragam dan jenisnya. Dibagi menjadi dua Jenis, Yaitu Buku Teks dan Non teks. Mulai dari buku pelajaran tingkat SD,SMP, SMA bahkan PERTI mendominasi pasar dengan tingkat kebutuhan masing- masing, tak ketinggalan pula Buku Fiksi dan Nonfiksi Turut hadir memberikan kontribusi yang tak kalah pentingnya.

Namun dalam prakteknya pemakaian buku oleh pembacanya tidak lagi terbagi-bagi menurut kelompok-kelompok tadi, apapun buku yang dibaca bisa dijadikan referensi untuk praktek kehidupan sehari hari maupun dalam rangka mendapatkan jenjang akdemik yang lebih tinggi.

2. Siapa saja yang berperan?


secara sederhana didalam Ekosistem Penerbitan terdiri dari berbagai unsur, diantaranya; Penulis, penerbit, penyalur, dan Pembaca. Mereka memilki hubungan dan keterkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Penulis membutukan Penerbit untuk mempublikan hasil karya mereka melalui penyalur hingga sampai ke pembaca, sehingga alur ekosistem dunia penerbitan tetap terjaga.

3. Naskah bagaimana yang diterima?


Sebelum memutuskan mengirimkan naskah ke Penerbit Mayor ada baiknya kita mengetahui Naskah seperti apa yang akan diterbitkan. Sebab akan mempengaruhi hasil dari nasib karya kita kan dipublikasikan atau ditolak. hal- hal yang harus kita pahami adalah mengenai Tema tulisan kita apakah termasuk kedalam Jenis Tema yang populer saat ini atau tidak. Sebab penulis mayor akan mempunyai kriteria dan analisis yang mendalam menyangkut akan di terbitkan naskah menjadi sebuah buku apalagi dalam kuantitas yang besar, maka dari itu dibutuhkan analisis yang tepat. 

faktor lain yang tidak kalah pentingnya yaitu kepopuleran dari Penulis itu sendiri, apabila kita sebagai penulis Pemula hendak menerbitkan buku di penerbit mayor setidaknya harus menggandeng Penulis yang namanya tentu saja sudah tidak asing didunia pembaca, karena akan mejadi rujukan tersendiri bagi pembaca untuk melirik buku ini tentunya.

4. Apa yang diperoleh Penulis?


setelah memenuhi tuntutan Penerbit dengan segala hal yang menjadi tanggung jawab didalamnya, maka sebagai penulis banyak hal yang akan kita peroleh. mulai dari Kepuasan diri karena karya kita diakui dan kan dipublikasikan, apalagi akan terpajang pada Rak di toko Buku tentu saja Reputasi kita sebagai seorang penulis tak diragukan hingga Karir dan keuntungan akan segera dirasakan.



Materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang saya rangkum dalam Video Berikut ini:


Sebagai Penutup saya akan memaknai Cerita Bapak Joko berikut menurut pemahaman saya.

Bapak Joko Bercerita tentang pengalamannya, Berikut Perkataan Beliau:

"Saya adalah mahasiswa yang tergolong bodoh tetapi punya MIMPI yang yang tinggi. Bukti kebodohan saya bisa ditanyakan ke adik kelas saya yg ikut kelas ini yaitu adiku Deswati, saya sering main ke kosnya, selain dia cantik juga pandai matematika. sering banget PR matematika saya dibantu oleh dia. Salah satu mimpi saya yang kuat adalah saya kepingin jadi orang yang terkenal. Nah salah satu cara adalah dengan menjadi penulis. Maka saya bersahabat dengan penulis yang sudah mapan. Saya bersedia membantu menyempurnakan tulisan beliau. Selanjutnya saya nulis bareng sama beliau sampai 4 judul buku hehe, nah buku ke 5 dst sudah pakai nama sendiri dan bahkan saya sering diajak menulis para pemula. Karena rata- rata buku yang saya tulis menjadi best seller, maka saya sangat disukai penerbit termasuk Penerbit ANDI. Saat Penerbit ANDI butuh Wakil Direktur yang tahu pasar buku, saya dipanggil untuk ditawari posisi itu. saya terima tawaran itu."

Saya menebalkan kata MIMPI dengan maksud mengINDAHkan kata tersebut. Mimpi yang sejogyanya menjadi bunga dari tidur kita dapat menjadi awal mula dari perjalanan hidup yang akan kita mulai. melalui mimpi banyak asa yang tercipta, dengan mengambil langkah pertama dan berani menapakkan kaki pada dasar tak bertepi tempat muara mimpi bersemi, dan jangan sampai hanya menjadi sebuah ilusi.

Mari jadikan mimpi awal mula karir yang tak henti, hingga maut memisahkan diri, Dan tinggal nama yang terpatri. maka Ukirlah nama diri dalam sebuah karya yang tak akan mati dan selalu di nanti.

Demikian Resume Singkat saya malam ini, Moga tetap Berbenah diri untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi, sehingga akan memberikan kepuasan diri dan pantang menyerah dalam berlatih menulis setiap hari.

Komentar

  1. Inilah yang paling saya tunggu tunggu resume yang mendebarkan a la si penulis cerita indah dan menggugah

    BalasHapus
  2. Terima kasih Miss. Phia, walau kadang saya tak fokus namun saya akan tetap berusaha untuk terus menulis.

    BalasHapus
  3. Semoga sukses ya Mom.
    Terusssss semangat untuk menggapai harapan.

    BalasHapus
  4. Resume yang lengkap dan kreatif dengan disertai kumpulan tanya jawab yg di jadikan video. Keren

    BalasHapus
  5. keren bu.. lengkap dan rapi. sangat memotivasi kata2nya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelengkapan Naskah

MENULIS BUKU MAYOR DALAM SEMINGGU